Lihat Karya

Gopetca

Detail

UI/UX Collaboration with Product Management : Building Gopetca Application

 

Gopetca APP

Jika dilihat-lihat mungkin bagi banyak orang petshop adalah tempat jualan makanan hewan peliharaan, menyediakan jasa grooming bagi hewan peliharaan, mengadopsi hewan peliharaan dan kebutuhan beserta perlengkapannya secara online. Namun, bagi penyayang hewan termasuk kami, petshop ibarat surga yang sungguh indah. Bagaimana tidak indah, setiap berkunjung ke petshop kita selalu menemui makhluk-makhluk berparas mungil dan menggemaskan.

Akan tetapi, karena seringnya hewan-hewan yang terlantar (kucing dan anjing) kurangnya perhatian masyarakat. Kondisi hewan yang diselamatkan terkadang sangat buruk bahkan ada yang tidak tertolong

Ada data yang menarik yang pernah dirilis Euromonitor tahun 2017 ke 2021, yakni populasi peliharaan kucing di indonesia meningkat menjadi 129 persen, dan anjing juga terjadi kenaikan 117 persen. 

Namun, berdasarkan riset yang kami lakukan, di waktu pandemi ini kami menemukan bahwa belum banyak orang mengetahui adopsi hewan secara online. Bahkan ketika mengadopsi hewan secara online banyak juga yang mengalami kendala tidak sesuai di media yang telah dikirim penjual.

Meski begitu banyak respon yang setuju apabila ada aplikasi untuk hewan yang akan diadopsi beserta perawatannya secara online ini.

Problem

Dari 29 responden seringnya mengalami kendala saat melakukan adopsi hewan peliharaan secara online dari yang takut menipu, hewan tidak sesuai, keadaan hewan banyak kutu dan berjamur, kejinakannya, tempat terlalu jauh dan banyak lagi.

Solution

Dari permasalahan ini, kami memiliki ide untuk membuat aplikasi mobile dengan nama Gopetca.

Gopetca sebagai solusi aplikasi pengadopsi hewan peliharaan. Dengan fitur yaitu jasa pengadop hewan online dengan informasi sesuai kebutuhan hewan. Membuat suatu aplikasi berbasis mobile untuk adopsi kucing maupun anjing beserta kebutuhan dan perlengkapannya. Aplikasi mobile ini untuk dapat memudahkan melepas adopsi kucing maupun anjing untuk dapat di rawat sebaik mungkin oleh calon pengadopsi. Gopetca juga memiliki fitur tambahan untuk jasa grooming atau perawatan hewan. Konsep aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan para hewan.

Product Definition

Gopetca memiliki 5 fitur utama, yaitu AdopsiHewan, MakananHewan, Grooming Hewan yang akan kami kembangkan saat ini. Berikut adalah penjelasan masing-masing fitur :

1*RgUbcoZVR_40iKsPrBexbw.png

  • ArtikelHewan

Layanan yang menyediakan berbagai macam tips cara merawat dan mengadopsi hewan peliharaan.

  • ProfilHewan

User dapat mengecek dan melihat segala jenis transaksi yang sudah di sediakan, dan juga dapat memberikan rating beserta feedback.

 

Business Model Canvas

Stage 1: Empathy

Online survey

Agar aplikasi yang kami buat dapat menjadi solusi baru bagi penggunanya, maka kami harus dapat memahami terlebih dahulu preferensi dan pain points user saat menggunakan aplikasi yang sejenis. Untuk itu, kami melakukan online survey melalui Google Form. Berikut hasil dari online survey kami:

Result

Problem 1: Kendala apa saja yang anda alami pada saat melakukan adopsi hewan peliharaan secara online?

  • Takutnya penipuan
  • Pengiriman, tempat dan kucing tidak sesuai dengan ekspetasi
  • Kendala tempat
  • Keadaan hewan sangat berkutu dan jamuran
  • Tidak bisa melihat fisik secara langsung sebelum di adopsi
  • Terkadang tidak sesuai dengan pilihan
  • Terkendala transportasi

Problem 2: Menurut anda bagaimana keadaan hewan peliharaan tersebut yang di adopsi secara online?

  • Takutnya kurang sehat
  • Berjamur dan berkutu
  • Kemungkinan tidak sesuai foto
  • Sehat jika di adopsi di tempat yang terpercaya

Problem 3: Like & Dislike user yang pernah mengadopsi hewan secara online

Like

  • Informasi kesehatan, pengecekan kondisi hewan, terjamin tempat dan makanannya
  • Pemberian pakan dan merawatnya dengan baik
  • Memperhatikan kecantikannya

Dislike

  • Tidak sesuai foto
  • Berjamur dan berkutu
  • Kurang sehat

Stage 2 : Define

User Persona

Dari hasil online survey, kami juga dapat menyusun profil pengguna dalam bentuk User Persona, yang akan kami gunakan sebagai acuan selama melakukan riset lanjutan.

User Persona

Point Of View (POV)

Selain user persona, kami juga membuat Point of View untuk lebih memahami kebutuhan pengguna dan menemukan sebuah insight yang nanti akan kami kembangkan menjadi ide.

POV

How Might We (HMW)

Setelah menemukan insight, kami membuat beberapa How Might We (HMW) yang berhubungan dengan insight pada POV. Dengan adanya HMW, akan menjadi dasar pertanyaan yang akan dijawab dengan ide sebagai solusi.

How Might We (HMW)

User Journey Map

Setelah membuat User Persona, POV, dan (HMW), kami juga membuat user journey map, untuk memahami user secara mendalam.

Link User Journey Map

Sign up | Miro | Online Whiteboard for Visual Collaboration

Scalable, secure, cross-device and enterprise-ready team collaboration whiteboard for distributed teams. Join 30M+…

miro.com

User Journey Map

Ideation

Berdasarkan HMW yang dipilih, kami mengumpulkan berbagai ide untuk menjawab HMW.

Ideation

Stage 3 : Ideation

Logo

Gopetca Logo

  • Gambar kucing dan anjing melambangkan membentuk suatu perkumpulan hewan peliharaan.
  • Logo Gopetca juga menggunakan warna ungu yang menggambarkan karakter kuat, unik dan elegan. Meski demikian, warna ungu mewakili sikap yang tenang dan lembut.

Dengan filosofi logo yang seperti ini, diharapkan dapat melambangkan inisiatif untuk dapat menghadirkan sebuah aplikasi yang peduli dan cinta terhadap hewan peliharaan yang ada di sekitarnya.

Sitemap

Kami menjabarkan ide-ide yang terpilih menjadi beberapa fitur dan konten dalam sitemap.

Berikut sitemap Aplikasi Gopetca :

Sign up | Miro | Online Whiteboard for Visual Collaboration

Scalable, secure, cross-device and enterprise-ready team collaboration whiteboard for distributed teams. Join 30M+…

miro.com

Sitemap

Wireframe

Setelah pembuatan sitemap kami berlanjut membuat wireframe dengan bertujuan untuk mendapatkan gambaran kasar akan aplikasi yang akan dibuat menjadi sebuah prototype, adapun gambar wireframe berikut :

Wireframe

Stage 4 : Prototype

Tampilan Awal Prototype

Fitur Tampilan Prototype

Partner Friendly Adopsi

Jadwal dan Pesan Produk Makanan

Artikel Prototype

Profil Pengguna

Coba prototype kami :

 

Figma Prototype

Stage 5 : Test

Usability Testing (UT)

Usability Testing (UT) ini kami lakukan untuk dapat memvalidasi apakah UI/X Design yang kami buat berhasil atau tidak. UI/X Design dikatakan berhasil apabila sebagian besar responden dapat lebih mudah untuk menyelesaikan tugas tanpa adanya masalah yang krusial seperti halnya mengulangi flow yang salah, berhenti di halaman tertentu, dan sebagainya.

Selain itu, kami juga melakukan wawancara singkat untuk dapat mengetahui feedback dari user testing mengenai Gopetca mulai dari tampilan, logo, pemakaian fitur, mudah digunakan atau tidak, dan apakah aplikasi ini dapat berguna sehingga dan dapat menyelesaikan masalah user. Berikut adalah hasil dari UT kami :

Task 1 : Memanfaatkan registrasi akun lebih detail

Result : User dapat mudah memahami dalam pembuatan akun atau melakukan registrasi

Task 2 : Mendapatkan layanan adopsi

Result : User dapat menjalankan task ini dengan benar dan mudah, namun sebagian user masih kebingungan dalam melakukan adopsi

Task 3 : Mengisi Biodata pada layanan adopsi

Result : Ideal flow yang kami buat adalah dengan mengisi biodata kemudian mengkonfirmasikan pembayaran melalui WhatsApp, namun Sebagian besar user masih mengalami kesulitan dalam melakukan konfirmasi pembayaran

Task 4 : Melakukan konfirmasi pembayaran pada salah satu layanan adopsi

Result : Beberapa orang cukup mudah untuk mengerjakan task ini. dikarenakan button untuk konfirmasi pembayaran berada pada bagian bawah dari foorm biodata

Task 5 : Memesan Produk Makanan

Result : User ada yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan task ini, yaitu kesalahan pada prototype yang kurang jelas dan lengkap

Task 6 : Melakukan checkout salah satu produk makanan pada keranjang

Result : Ada sebagian dari user masih kebingungan dalam melakukan checkout produk makanan

Task 7 : Memanfaatkan informasi pada fitur artikel

Result : User mengerjakan task ini cukup mudah, dikarenakan fitur ini dapat mencari sebuah informasi yang diinginkan

Task 8 : Mengecek riwayat adopsi, produk makanan pada bagian profil

Result : User dapat mengecek riwayat adopsi maupun pembelian produk makanan agar adanya data yang lebih akurat

Task 9 : Memanfaatkan riwayat transaksi maupun riwayat pembayaran

Result : Sebagian user masih mempertanyakan mengenai transaksi , apakah dengan mengirim bukti Screenshoot secara manual atau secara otomatis

Task 10 : Memberikan penilaian ataupun tanggapan berupa rating dan juga feedback

Result : User masih mempertanyakan mengenai task ini dikarenakan mereka mengira rating dan feedback tersebut berupa like

Feedback

Dari hasil UT dan juga wawancara kami mendapatkan beberapa feedback yang kemudian kami susun ke dalam grid seperti ini :

Feedback

Melalui feedback yang sudah diberikan oleh user testing, kami dapat mengimplementasikan perubahan untuk bagian artikel, yaitu merubah penamaan tab pada tampilan filter untuk dapat menghindari kesalahpahaman fungsi dari filter ini. berikut adalah perubahannya :

Changes Before and After

Sementara itu, untuk perubahan dan ide yang lainnya yang kami dapatkan selama UT sementara ini masih belum dapat kami implementasikan. Namun, untuk perubahan dan juga ide akan diterapkan di masa yang akan datang untuk dapat mengembangkan produk.

System Usability Scale (SUS)

Untuk dapat mengukur bagaimana performa prototype di mata user, kami menggunakan System Usability Scale (SUS) yang sudah dibagikan kepada setiap partisipan dalam bentuk Google Form pada akhir sesi UT. Berikut adalah hasil SUS Aplikasi Gopetca :

User Testing

Result User Testing

Meskipun skor SUS yang kami dapatkan terbilang cukup bagus, namun tidak membuat kami menyerah dalam mengembangkan aplikasi ini agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi. pada setiap feedback yang telah diberikan oleh user testing akan kami coba untuk mengimplementasikan dengan baik.

Closing

Inilah merupakan pembuatan dari aplikasi Gopetca, mulai dari awal latar belakang, penentuan masalah, survei online, menentukan fitur dan pembuatan prototype yang ada hingga validasi melalui riset dengan menggunakan survei online jika dari permasalahan tersebut benar adanya.

Terima kasih kepada Ibu Ruktin Handayani S.Kom, M.Kom, MCE, kepada team Gopetca, para user testing yang sudah menyempatkan waktunya untuk dapat melakukan testing, dan tak lupa kami ucapkan kepada para pembaca artikel ini. Semoga studi kasus ini dapat bermanfaat untuk kalian semua! Dari proses ini kami banyak belajar hal yang tentunya akan bermanfaat bagi kami untuk diimplementasikan pada dunia kerja.

Thank you for reading !

Mayka Churota Ainal Qisti

📧 mayka.qisti19@student.uisi.ac.id

Nuruddin Mochammad Aziz

📧 nuruddin.aziz19@student.uisi.ac.id

Tsinta Nadia Indi

📧 tsinta.indi19@student.uisi.ac.id

Dosen Pembimbing :

Ruktin Handayani, S.Kom., M.Kom., MCE

Berikan Review

Login dulu untuk memberikan rating..!

0 Review

Belum ada yang berkomentar..!