Penghargaan
Tanggal | Event | Penyelenggara | Level | Hasil | Catatan |
---|---|---|---|---|---|
2022-06-27 | Pendanaan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) Kategori Marketplace/e-Commerce | Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek | Nasional | Peserta | - |
2022-11-23 | Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award Kategori Startup Tahap Awal | Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek | Nasional | Peserta | - |
2022-11-22 | Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII | Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek | Nasional | Peserta | - |
Detail
LATAR BELAKANG
Konveksi merupakan usaha mikro kecil dan menengah atau orang-orang juga sering menyebutnya industri rumahan. Pada umumnya pengusaha konveksi mendapatkan pesanan dalam jumlah yang besar pada momen-momen tertentu saja. Spesifikasi ini memudahkan pebisnis untuk menjalankan sebuah bisnis konveksi agar tetap lancar dan semakin berkembang. Seiring perkembangannya zaman, usaha konveksi hingga saat ini mampu bertahan dan berkemban, hal tersebut dilihat berdasarkan hasil perolehan income yang terus meningkat serta kesejahteran karyawan yang cukup bagus. Namun ditengah persaingan global usaha konveksi mengalami penurunan omset untuk beberapa tahun terakhir, hal ini didominasi oleh faktor besarnya arus perdagangan dari negara luar yang datang dan memasuki wilayah Indonesia, terutama dalam hal menguasai pasar. Pembeli saat ini lebih dominan membeli pakaian jadi import dari luar karena memiliki harga dibawah pasaran daripada produk konveksi dalam negeri.
Kegiatan layanan jasa konveksi dapat dilakukan lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi, membangun sistem informasi pemesanan jasa konveksi berbasis web. Sistem informasi ini dapat memperluas jangkauan coverage area pelanggan, otomatis meningkatkan jumlah pelanggan pengguna jasa konveksi. Konsumen akan diuntungkan dengan melakukan transaksi pemesanan konveksi dari manapun melalui akses ke sistem informasi yang dimiliki oleh perusahaan jasa konveksi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah media komunikas berbasis android yang dapat digunakan untuk mencari penjahit dan penjual untuk mengoptimalkan tingkat produksi dan penjualan. Melalui menawarkan sebuah inovasi sebuah sistem informasi berbasis website yaitu Zovi. Dengan adanya media ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempertemukan antara pengusaha konveksi, penjahit dan penjual secara online sehingga mempermudah dalam mencari dan berkomunikasi. Secara umum, dampak yang dirasakan tidak hanya pada pengusaha konveksi, melainkan juga pada penjahit dan penjual, menjadikan usaha mereka menjadi lancar.
PERMASALAHAN
Perkembangan pemasaran global dan kemudahan impor barang ke Indonesia mengakibatkan persaingan yang ketat di dunia bisnis. Pemasaran global adalah pemasaran yang meluas ke berbagai mancanegara, dan peluang pasar selalu terbuka untuk semua pelaku bisnis. Sehingga pemasarannya tidak hanya menjangkau daerah lokal, tetapi juga menjangkau dunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak jasa konveksi lokal yang berkualitas baik. Namun pemasarannya masih offline sehingga banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa banyak toko di Indonesia yang menjual pakaian branded. Riset sudah banyak dilakukan dan pemasaran saat ini tidak bisa dilakukan dengan promosi lewat spanduk & periklanan saja. Di zaman yang serba canggih ini, penjualan perlu mengembangkan pemasaran melalui Internet. Sama seperti menggunakan situs web untuk menjual pakaian bermerek. Selain memudahkan konsumen, hal ini akan memudahkan untuk mengetahui keberadaan pakaian tersebut, harganya, kualitasnya, dan bisa menjadi ajang media promosi untuk mendongkrak penjualan di toko tersebut. Transaksi online ini juga memudahkan konsumen sehingga tidak perlu mengunjungi toko secara fisik.
SOLUSI
Seiring dengan banyaknya pesanan konveksi sebagaimana yang telah dijelaskan, maka perlu dilakukan peningkatan layanan melalui pemanfaatan teknologi informasi pada usaha ini. Maka dalam hal ini, kami merancang penerapan sistem informasi pada usaha konveksi yang ada di Indonesia. Pengembangan sistem informasi dalam bentuk sebuah software ini dapat menjadikan daya tingkat pemesanan menjadi semakin meningkat dan terstruktur. Melihat dari kebutuhan yang ada serta pesatnya perkembangan teknologi informasi, maka hadirlah Zovi. ZOVI adalah sistem berbasis website yang menghubungkan UKM (khusus konveksi). Sistem ini dapat menjadi salah satu wadah bagi para pengusaha konveksi, penjahit dan penjual secara online sehingga mempermudah dalam mencari dan berkomunikasi dengan pelanggan. Secara umum, dampak yang dirasakan tidak hanya pada pengusaha konveksi, melainkan juga pada penjahit dan penjual, menjadikan usaha mereka menjadi lancar. Dengan adanya Zovi juga diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam mewujudkan beberapa poin tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada tujuan poin 8, poin 9 dan juga poin yang ke 17.
Dosen Pembimbing : Ruktin Handayani S.Kom., M.Kom. MCE
3 Review
Goodjob